Sabtu, 17 Mei 2014

SM yang Sebenarnya!!

Jika ada yang berpikiran buruk mengenai Lee Soo Man, sebelumnya baca artikel ini terlebih dahulu.
Inilah SM yang sebenarnya yang tidak kita ketahui!!




SM dimulai di tahun 1995.

Lee Soo Man masuk ke industri sebagai artis, tapi tahun 1995 memulai sebuah perusahaan dengan nama SM, sebagai produser. Pada dasarnya dia bukanlah pemilik.
CEO dan orang yang memiliki saham di tangan adalah Kim Kyung Wook. Seperti halnya bagaimana Park Jin Young memiliki perusahaan atas nama JYP dimana itu adalah namanya, tapi mendapatkan bayaran (ini sudah diketahui sebagai fakta) untuk menciptakan bintang JYP.



Apakah kalian tahu,
produser dapat menghasilkan penyanyi, dan merencanakan semua pelatihan, memproduksi, dan lainnya tetapi tidak bisa menyentuh pada kontrak-kontrak dan pembagian pembayaran? Itu artinya Lee Soo Man sama sekali tidak mengurus masalah kontrak dan pembagian bayaran!!


CEO Kim Kyung Wook duduk di kursi bos dan mulai bermain-main dengan artis SM. Penyanyi yang dia ciptakan adalah mereka yang sudah menghilang;
M.I.L.K, Blackbeat, DaNa, LeesakNJiyeon, dan lainnya adalah grup yang diciptakan oleh Kim Kyung Wook, tapi kemudian Lee Soo Man lah yang mengumpulkan penyanyi-penyanyi untuk menciptakan CSJH dan menempatkan Shim Jae Won (member Blackbeat) sebagai pengajar tari SM Entertainment. (kenyataannya, pengajar tari SNSD adalah Shim Jae Won. Coba tonton Mnet episode debut SNSD, Jessica mengucapkan terima kasih ketika Jessica mendatangi dia, dan dia juga menciptakan debut koreografi SNSD ke Dunia Entertainment.)

CEO Kim Kyung Wook yang melakukan kekacauan dengan grup SMent. lewat kontrak yang salah, meninggalkan perusahaan SMEnt. tidak lama setelah DBSK debut. Ini adalah ketika rumor saham SMEnt. menurun mulai tersebar. Ingat? Dan kabar SMEnt. mengalami penurunan pendapatan mulai tersebat luas. Semuanya terjadi setelah CEO Kim Kyung Wook meninggalkan SMEnt..




Ini semua terjadi ketika CEO Kim Young Min melangkan masuk. Dia mengubah 13 (tahun seperti budak) kontrak yang seharusnya 7 tahun danmemulai perubahan dan bermain-main dengan kontrak, sementara trainee dan penyanyi tidak tahu dengan ini.
Ketika Shinwha keluar dari SMEnt., Kim Dong Wan mengatakan dalam sebuah program ‘Walaupun kami keluar dari SMEnt., kami tidak akan bisa melupakan guru Lee Soo Man.”
Hal ini seharusnya membuat kalian berpikir. Tidak peduli seberapa banyak orang yang telah melatihmu dan membantumu menjadi artis sukses, kalau orang tersebut di waktu yang sama membuatmu memderita sebagai anak secara mental dan fisik, dirimu tidak akan bisa mengucapkan terima kasih pada mereka dan tidak  mengingat mereka.


Dan tak seorang pun menyebutkan Kim Kyung Wook atau Kim Young Min (Kenyataanya, tak seorang pun pernah menyebutkan nama mereka bahkan ketika memenangkan posisi pertama di Gayo Show ataupun acara penghargaan).

Pengendalian kontrak hanya dapat dilakukan oleh CEO perusahaan.
Jangan mencoba untuk memasukkan Lee Soo Man karena itu semua adalah rumor. Semua orang berpikir bahwa SM adalah untuk Soo Man, tapi ketika SM pertama berdiri SM adalah Success Museum (sekarang menjadi Starlight Museum).

Janganlah berpikir untuk datang ke audisi mereka karena korban baru akan terciptaa. Ini bukan masalah seberapa bertalenta dirimu, karena pemiliknya akan membuangmu dalam hitungan detik.
Seperti ketika CEO Kim Kyung Wook membuat H.O.T bubar, Kim Young Min dapat melakukan hal yang sama. Tidak menolongnya.

Alasan mengapa H.O.T tidak bisa lepas dari SMEnt. adalah karena CEO Kim Kyung Wook membuat tiap membernya menandatangani kontrak yang berbeda (berakhir pada tahun yang berbeda) itulah kenapa 2 member bertahan di SM dan 3 member keluar (sekarang hanya tersisa Kangta).

Untuk setiap perusahaan hiburan, semua jadwal harus disetujui oleh CEO, dan bahkan jika jadwalnya tampak konyol (menggelikan), artis perusahaan tidak bisa melakukan apapun. Seperti halnya Kim Hyun Joong dari DSP bermain di  BOF bukan karena dia menginginkannya. Tentu saja dramanya sukses, dan dia mendapatkan popularitas. CEO DSP yang membuatnya melakukan itu meski dia tidak mau tapi dia tidak punya pilihan.

Sebelum syuting dimulai, pengiriman naskah dan casting membutuhkan waktu setahun. Mereka bahkan tidak tahu tentang drama ketika mereka membuat kontrak. Kalian harus tahu ini. Meski itu drama atau sitcom, bukanlah masalah artisnya mau melakukan atau tidak karena mereka tidak punya pilihan. Jika yang diatas memintamu melakukannya, kamu harus melakukannya. Jika kamu tidak menyukai itu maka bayar denda terhadap kontrak, tapi denda itu adalah jumlah yang kalian bahkan tidak bisa bayangkan.


Jadi jangan salahkan Lee Soo Man karena dialah yang menciptakan Super Junior, DBSK, Shinee, SNSD dan artis lain di SM yang sekarang bisa mereguk kesuksesan.

Real artikel : http://kyuhyunnia.wordpress.com/2010/02/27/thanks-lee-sooman-ahjussi/